Paket Wisata Trowulan dan Gunung Bromo

Paket Wisata Trowulan dan Gunung Bromo ini merupakan perpaduan antara wisata sejarah tentang kerajaan terbesar di pulau Jawa dengan gunung terindah yang ada di Indonesia yaitu Gunung Bromo.

Paket Wisata Trowulan dan Gunung Bromo

Paket Wisata Trowulan dan Gunung Bromo

Tempat wisata bersejarah Traowulan masih berkaitan erat dengan tempat wisata gunung Bromo, menurut sejarah saat kerajaan majapahit ini runtuh para warga dan keluarga kerajaan pindah ke pulau Bali melalui jalur pegunungan salah satujalur yang di lalui adalah pegunungan tengger / bromo.

Peninggalan Kerajaan Majapahit Terdapat di Trowulan

Trowulan adalah daerah dataran rendah yang berada di antara pegunungan dan pantai utara Jawa. Ada tiga gunung yang dekat dengan daerah tersebut yaitu Gunung Welirang, Anjasmoro dan Penanggungan. Selain itu terdapat sungai terbesar di jawa timur yaitu sungai Berantas, jadi daerah ini menjadi sangat straregis pada jaman dahulu dan sangat subur sehingga daerah ini dijadikan sebagai pusat kota oleh kerajaan Majapahit. Menurut deskripsi literatur Tionghoa yang menceritakan untuk mencapai lokasi kerajaan Majapahit harus melewati di sepanjang sungai yang berkelok-kelok.

Saat ini Trowulan sudah menjadi bagian dari wilayah administrasi kabupaten Mojokerto yang  berbatasan dengan kabupaten Jombang. Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan Mobil dari kota Surabaya.

Dahulu Indonesia adalah merupakan kawasan kerajaan, jadi tidak heran jika kini masih banyak terdapat peninggalan situs – situs bersejarah.  Salah satunya terdapat di kecamatan Trowulan kota Mojokerto, Jawa Timur. Situs peninggalan Kerajaan Majapahit seluas 100 km berada di Kecamatan Trowulan. Banyak situs bersejarah yang sudah di temukan dikecamatan Trowulan dan kemungkinan besar masih banyak situs situs bersejarah lainnya yang belum ditemukan oleh para ilmuan dan penduduk setempat. Menurut cerita dari mulut ke mulut, dahulu kawasan ini merupakan kawasan Kerajaan Majapahit sebelum pindah ke kota Kediri.

Situs yang tidak bisa dipindah masih berada di tempat aslinya dan keberadaannya terpencar satu sama yang lain. Sedangkan situs yang bisa dipindah kini diamankan di dalam Museum Trowulan. Terdapat banyak situs bersejarah dikumpulkan dan dijaga kelestariannya di dalam Museum Trowulan. Sekian banyak situs yang sudah dikumpulkan itu masih belum seberapa karena terdapat banyak situs yang hilang dicuri dan diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Paket Wisata Trowulan dan Gunung Bromo

Mungkin Anda juga menyukai

Call Now